PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Saturday, March 2, 2013

FASHION REPORT : NAUTICA SPRING SUMMER 2013 AT ESQUIRE INDONESIA MARCH 2013 ISSUE. NEW YORK FASHION WEEK BY ADI SURANTHA





FASHION ARTICLE BY ADI SURANTHA AT ESQUIRE INDONESIA MARCH 2013 ISSUE!

A SEA OF STYLE
Tampil aktif bukan berarti bergaya pasif, pilihan detail terkini paling    pas untuk aksi maksimal.
Oleh, Adi Surantha

Inspirasi maritim tak pernah habis untuk dikembangkan pada kreativitas fashion. Contohnya saja label asal Amerika, Nautica, beruntung label ini lahir dengan citra sportwear bergaya pesiar yang mudah diaplikasikan bagi gaya berpakaian pria. Untuk melihat lebih dekat koleksi label yang didirikan pada 1983 ini, Esquire pun menghadiri presentasinya di Empire Hotel , New York saat spring/summer 2013 fashion week di kota Spiderman itu.

Musim ini, warna-warna kontras yang terpancar dari laut lepas menjadi basis inspirasi. Gaya klasik Nautica yang hadir melalui elemen pakaian aktif diberi twist dengan permainan komposisi warna seperti color blocking. Beberapa motif seperti benda-benda bawah laut hadir untuk memberikan ide gaya busana musim ini semakin kental.  Favorit Esquire jatuh pada blazer berpalet biru dengan material linen, printed shirt, celana cargo berwarna kuning,  sunglasses dan sepatu bersol warna cerah seperti kuning dan merah. Elemen tersebut merupakan elemen klasik untuk busana pria namun hadir lebih segar dengan garis minimalis, dan aksi detail yang catchy namun subtle, seperti stripes, dot atau tekstur. Melihat koleksi terbarunya, Esquire merasa bahwa mencoba hal baru pada fashion tentunya bisa diaplikasikan melalui ragam elemen sportwear berdetail trendy tanpa terlihat berlebihan. Label yang awalnya lahir untuk pria ini pun membuktikannya, bahwa Nautica memang mengerti yang pria (gaya) butuhkan!


TWIST IT UP!
Untuk mengenal lebih dalam mengenai koleksi Nautica musim ini, Esquire(E) berkesempatan mewawancarai sang creative director, Chris Cox (C).

E: saya melihat sentuhan tren terkini pada koleksi musim ini, bagaimana Anda menyatukannya dengan signature style Nautica?
C:  elemen sportwear merupakan pakaian yang klasik, namun saya tertantang untuk membuatnya sedikit berbeda. Warna yang menjadi ide utama, coba saya kembangkan melaui ragam detail color block dan padu-padan tone-on-tone serta detail-detail yang modern.

E: chinos, jaket parka atau kaos polo adalah elemen andalan Nautica, bagaimana cara Anda membuatnya tampil berbeda musim ini?
C: musim ini kami merayakan kebebasan hidup di seluruh belahan dunia. Kami ingin memberikan setiap pria yang terbaik sesuai tren fashion namun tetap easy.

E: saya melihat banyak aksesori yang hadir lebih muda dan stylish, bagaimana pendapat Anda?
C: ya, warna tetap menjadi highlight bagi desain aksesori. Seperti pilihan palet kuning pada sol sepatu, stripes dan eksperimen material rajutan pada dasi dan outerwear. Saya yakin, pria modern bisa menerimanya.

E: bagaimana pendapat Anda mengenai industri fashion pria di masa datang?
C: untuk elemen performance bisa dikreasikan dengan banyak cara.  Reversible adalah ide bagus untuk elemen dan cara berpakaian masa kini. Pria modern sudah berani memakai apapun. Kini, kecenderungan gaya pria adalah tampil dress up atau kasual, oleh sebab itu saya ingin menyatukan keduaya, agar setiap pria mudah mengaplikasikannya bagi gaya hidup modern. Saya rasa memadukan hal tersebut seperti nuansa active, vintage dan detail menarik merupakan area desain yang bisa terus dieksplorasi.

E: saya lihat ragam material khas musim dingin seperti knitwear dan ragam wol, mengapa Anda melansirnya untuk koleksi musim semi dan panas?
C: ya, beberapa pmaterial tersebut tetap mempertimbangkan kenyamananya, mungkin setiap negara berbeda-beda tingkat ketebalannya. Saya mencoba menggarapnya untuk lebih fun dengan inspirasi gaya fisherman yang merupakan tradisi kami juga.

E: apa filosofi fashion Anda?
C: have fun dan jangan berlebihan!

E: ada tip untuk Esquire untuk gaya kantor dan kasual agar tampil cool ?
C: untuk officewear pilih detail tailored yang prima namun dengan opsi yang lebih soft dan natural material strecth yang nyaman. Jangan tampil kaku. Untuk gaya kasual, coba padankan elemen beraksen vintage seperti kemeja, leather jacket, jeans dengan ragam elemen performance seperti jaket parka, pullover dan vest.



No comments:

Post a Comment