THE SHOES SCENE
Label
aksesori fashion dengan koleksi berdesain tren terkini dan harga yang affordable
menjadi andalan setiap wanita. Salah satunya label VNC yang hadir kembali
dengan konsep yang trendy.
Oleh, Adi Surantha
“Sepatu yang indah akan membawamu ke tempat yang indah
pula”, ungkap Carrie Bradsaw di serial terkenal Sex and The City. Cosmo
setuju dengan ungkapan tokoh fashionable di acara televisi Amerika
tersebut. Dalam hati terdalam, setiap wanita selalu ingin melangkah dalam
sepatu-sepatu indah dambaannya. Tak heran setiap musim sale tiba banyak wanita
tak pernah bosan untuk antre membeli sepatu baru. Memang harus diakui pula,
sepatu dengan desain tren terkini dan harga yang affordable tentu
menjadi peringkat utama di daftar belanja Anda. Salah satu label aksesori asal
Malayzia , VNC pun telah banyak menjawab setiap kebutuhan wanita untuk memiliki
sepatu-sepatu trendy dan tentunya harga yang affordable. Desain
koleksi sepatu VNC kerap
terinspirasi dari tren dari fashion week dari kota-kota kapital fashion
dunia dengan karakter desain yang mengakomodir beragam aktivitas wanita modern, perfect!
Untuk mengenal lebih dekat dengan label VNC , Cosmo
pun pada 7 Agustus lalu bertandang ke Malaysia, negeri yang melanasir label
tersebut sejak tahun 1994. Pada kesempatan ini Padini Group , perusahaan ritel fashion
asal Malaysia yang memiliki label VNC secara khusus mengadakan acara VNC
Indonesia Signing Ceremony and Media Conference. Undangan bagi jurnalistik
Indonesia , Singapura dan Malaysia ini untuk penandatanganan atas francising
VNC dari Padini Group kepada perusahaan distributor fashion asal
Singapura F J Benjamin. Selanjutnya F J Benjamin pun melalui perusahaan distributor brand fashion Indonesia PT Gilang Agung Perkasa akan
mendistribusikan secara resmi VNC di Indonesia. “ VNC adalah brand
sepatu yang bagus dan memiliki desain yang setara dengan label-label sepatu
bertaraf internasional lainnya. Kami pun tak ragu untuk mendistribusikan VNC di Indonesia,
karena kita memiliki publik yang agresif dan berani untuk mencoba gaya dari
tren terkini. Oleh karena itu kita percaya brand Malaysia ini bisa di
terima di Indonesia”, ungkap Ronnie Bong selaku President Director dari PT
Gilang Agung Persada kepada Cosmo.
Mulai bulan September VNC akan dibawa ke Indonesia oleh PT Gilang Agung Persada dengan tawaran
konsep baru. Butik VNC akan dibuka
kembali butik pertamanya di Mal Kelapa Gading,Jakarta. Untuk di pusat
perbelanjaan tersebut toko VNC akan menjadi flagship
store di Indonesia karena area butik yang luas, konsep digital seperti
menggunakan iPad yang tersedia di butik untuk pemilihan sepatu , awesome!
Selain
koleksi sepatu beberapa koleksi lain seperti tas dan aksesori juga tersedia di flagship store VNC terbaru.
FASHION PLAY
Pada acara penandatanganan
untuk franchising VNC, Cosmo
berkesempatan untuk mewawancarai CEO dari F J Benjamin, Nash Benjamin. Berikut
petikan wawancara Cosmo seputar bisnis fashion saat ini.
Cosmo : mengapa Anda tertarik mengambil francising VNC dan
membawanya ke Jakarta?
Nash: VNC memiliki
konsep yang menarik, dan memiiki potensi bisnis yang bagus dalam usaha ritel fashion.
Selain koleksi sepatu, kini VNC juga memiliki koleksi yang cukup luas seperti
tas dan jewelry. Label ini juga mempunyai desain yang mengikuti tren terkini
dengan harga yang affordable. Saya sangat percaya oleh potensi bisnis brand
ini, oleh sebab itu kami membuka label ini di Indonesia. Kami berencana untuk
membuka banyak toko di beberapa kota di Indonesia. Saya sangat berpikir positif
dengan hal ini dan akan terus mengembangkan produk ini di Indonesia.
Cosmo : Anda mendirikan label fashion Singapore milik Anda
sendiri yaitu Raoul. Kini brand tersebut semakin dikenal masyarakat baik di
Singapura dan interenasional. Terakhir Raoul juga berpartisipasi
mempresentasikan koleksinya di Milan Fashion Week , apa strategi bisnis apa
yang Anda jalankan untuk brand ini?
Nash: Raoul adalah
brand fashion baru dari Singapore yang terus mencoba untuk
memperkenalkan dan mengekspansi bisnisnya ke luar negeri. Untuk itu kami
mencoba membuka toko Raoul di luar negeri. Selain Indonesia kami memiliki toko
di Paris , Milan dan New York. Kami juga memiliki outlet di departement
store ternama seperti Blomingdale's, Selfridges, Neiman Marcus dan
lain-lainnya. Kita mencoba strategi secara pelan-pelan untuk mendapat perhatian
secara internasional.
Cosmo : Menurut Anda siapa yang menjadi kompetitor Raoul?
Nash: Raoul
menawarkan koleksi dengan gaya trendy dan affordable price,
Dengan karakter tersebut tentunya kami memiliki kompetitor dengan merek lain
yang mungkin sudah lebih dikenal luas oleh masyarakat. Tapi kami tidak ingin
menyebut ini sebuah kompetisi dengan mereka karena Raoul kini dikenal dengan
garis desain clean, minimalis, strutured dan hampir beberapa brand juga
sama seperti Raoul, karena sekarang tren fashion memang seperti itu.
Cosmo : sekarang negara-negara di Eropa sedang dilanda krisis
ekonomi, bagaimana menurut Anda mengenai bisnis fashion di sana?
Nash: kita tahu
setiap masyrakat membutuhkan pakaian yang disesuaikan dengan karakter setiap
negara, keadaan ekonomi, lingkup profesi dari pekerjaan. Salah satu brand saya,
Raoul memiliki posisi yang cukup baik, merupakan affordable luxury brand.
Sekarang publik di sana membeli koleksi dengan desain trendy, memiliki kualitas
baik dan tentunya harga yang tidak terlalu mahal. Oleh sebab itu Raoul banyak
diminati oleh mereka, sehingga walaupun Eropa sedang krisis, kami tetap
memiliki potensi untuk menjalankan bisnis di sana.
Cosmo: apa perbedaan market di Singapura dan Indonesia
khususnya Jakarta?
Nash: Jakarta
memiliki populasi yang besar dan tingkat kesejahteraan yang meningkat pesat.
Mereka melakukan kegiatan traveling dan tahu benar akan tren fashion
terkini. Saat traveling, mereka shopping di luar negeri seperti
di Paris dan Singapura, hal ini juga terjadi bagi masyarakat di Singapura. Tapi
perbedaan juga sedikit terlihat misalnya konsumen Indonesia lebih menyukai
koleksi yang cukup kreatif seperti aplikasi hiasan dekoratif dan tampilan yang
unik. Sekarang masyarakat kita dinamis dan gemar traveling mereka peka
dan gemar mengadaptasi sesuatu
yang baru. Menurut saya, kini di Jakarta banyak butik-butik dan pusat
perbelanjaan yang bagus , bahkan beberapa shopping mall lebih bagus di
Jakarta daripada di Singapura. Menurut saya Jakarta lebih berpotensi cukup
besar daripada Singapura karena populasinya yang banyak. Kami memiliki beberapa
toko di 7 kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Medan dan
Makasar
Cosmo: sekarang beberapa department store yang menjual
label-label fashion ternama dari Eropa cukup banyak dan berencana
membuka gerainya di Asia salah satunya di Jakarta, bagaimana pandangan Anda
akan hal tersebut?
Nash: ini tergantung
dari produk mereka dan cara mereka memperkenalkan dan menjual produk tersebut.
Mereka menjual barang dengan harga yang cukup tinggi, mereka harus riset lebih
dalam akan permintaan dan kebutuhan masyarakat. Karena jika marketnya cukup
kecil, mereka harusb memperkenalkan produk mereka dengan baik dengan beragam strategi. Tentu
tahapannya cukup berat namun bisnis tersebut bisa sukses jika dijalani dengan
baik.
Cosmo: sekarang bisnis food and beverages (F&B) juga
semakin berkembang di Jakarta, apa Anda tidak ingin mencobanya?
Nash: sama seperti
bisnis fashion, bisnis F& B juga berkembang dengan konsep-konsep yang
menarik dan modern seperti haute cuisine dan fine dining dan lain
sebagainya. Publik yang meningkat tingkat kesejahteraannya, gaya hidupnya pun
semakin meningkat. Publik di Jakarta kini gemar makan di luar dan di
tempat-tempat hip. Saya memiliki brand berkonsep life style dan
menjalankan bisnis tersebut dengan baik hingga sekarang. Untuk bisnis F&B tidak hanya
menjalankan membuka restauran dan menjalankannya saja, sebagai pemilik mereka
harus berada di tempatnya, melihat proses memasaknya,tahu betul jenis
makanannya sistem promosi dan meminta tanggapan tamunya akan makanannya. Ini
binis yang harus ditangani langsung oleh pemiliknya,
Cosmo : brand apalagi yang Anda impikan untuk dilansir saat ini?
Nash : di
peruzahaan kami nantinya akan melansir
fashion brand baru pada 2014 , salah satunya luxury brand
dan life style brand. Di industri fashion kita selalu mencari
sesuatu yang baru dan tentunya harus diikuti dengan kemauan pasar. Saya yakin
pada brand ini namun saya belum bisa memberikan info nama brand tesebut pada
Anda sekarang, tunggu saja.
Cosmo: pertanyaan terakhir dari saya, apa filosofi hidup Anda?
Nash: saya selalu
bangun pagi, saya bangun pukul 05.30 atau 06.00. Szaat bangun saya selalu
mengatakan pada diri sendiri “It’s a beautiful day!” Hidup adalah
sesuatu yang kamu buat sendiri. Jika Anda memulai hari dengan sedih itu bisa
menaungi mood diri Anda. Anda harus
selalu senyum dan merasa positif. Anda harus terus bersyukur sehingga membuat
Anda bahagia, dan jangan komplain karena hal tersebut bisa membuat Anda sedih.
No comments:
Post a Comment