PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Wednesday, January 30, 2013

FASHION DIARY : KEKUATAN DUA SILUET.


POWER OF TWO
Kekuatan siluet busana menentukan performa gaya Anda. Elemen bervolume seperti hour glass atau cocoon bisa jadi investasi untuk wardrobe Anda.
Oleh, Adi Surantha
Siapa tak kenal Marilyn Monroe, ikon yang dipuja-puja di era 50-an, bahkan namanya terus populer melintasi berbagai era. Tubuhnya yang berbentuk kurva secara natural, menjadi patokan bagi tubuh ideal wanita era tersebut. Pose atau gerak-geriknya yang memamerkan area pinggul juga memberikan nuansa seksi dan daya tarik yang memikat. Di lain era, saat video klip bertajuk “Single Ladies” dari Beyonce memenuhi layar kaca pada tahun 2007, tak hanya pria saja yang takjub dengan bentuk tubuh dan koreografi penyanyi tersebut. Banyak wanita juga menggemarinya, figur tubuh berbentuk hour glass dengan ukuran pinggul yang berisi menjadi obsesi dan amunisi tampilan maksimal. Tampilan super skinny yang sempat jadi tren dua tahun belakangan, kini pelan-pelan mulai luntur. Terutama saat serial realita selebriti ternama Kim Kardarshian bersaudara “Keeping Up With The Kardashian” hadir, tubuh berisi dengan balutan gaun super ketat ala bandage dress mewarnai gaya sehari-harinya dan diminati banyak wanita perkotaan. Tak heran, banyak desainer dan label fashion mulai melansir koleksi bersiluet jam pasir, dan tentunya mempengaruhi gaya berbusana wanita masa kini.
PERFECT HOURS
Saat presentasi pre-collection Chanel untuk musim semi dan panas 2013 yang digelar di Istana Versailles, Perancis, banyak kreasi Karl Lagerfeld sang desainernya yang terinpirasi dari gaya busana penghuni istana tersebut. Gaya busana bernuasa abad 17 dan ikonnya Marie Antoinette hadir melalui detail delicate. Siluet hour glass yang bervolume pada bagian pinggang atau pinggul di atas gaun dan rok bersiluet seperti bell hadir memukau penikmat fashion. Tak lama setelah itu, banyak setiap wanita tak lagi memilih tampil super ketat, beberapa wanita justru bangga untuk memamerkan siluet bervolume yang memeluk tubuh yang tampil fresh dan tentunya feminin. Label lain seperti Dolce&Gabbana dengan gaya glamor kontemporernya, atau Valentino dengan aksi feminin dan elegannya. Gaun ala Valentino hadir dengan potongan pendek dan detail volume pada bagian pinggang sehingga membuat garis pinggang menggembung. Rumah mode asal Paris dan Italia tersebut ingin mengajak setiap wanita untuk meraih gaya pikat baru melalui siluet hour glass yang menonjolkan gaya feminin sekaligus seksi.
COCOON PARADISE
Siluet lain yang jadi perbincangan adalah cocoon. Potongan ini kebalikan dari hourglass, cocoon menawarkan gaya loose yang membungkus tubuh. Siluet ini paling mencuat di era mode 20-an yang hadir melalui wrapped coats dan 60-an dengan gaya mod-nya yang terkenal. Elemen fashion yang paling banyak mengaplikasikan siluet cocoon adalah outerwear terutama coat, baik potongan panjang atau sebatas paha atas. Potongan ini memberikan kebebasan bagi Anda untuk memakainya dan diaplikasikan oleh beragam proporsi tubuh. Ikon fashion era 60-an yang tak pernah bosan untuk dibicarakan seperti Audrey Hepburn, kerap hadir dengan gaya yang begitu ikonis. Tak hanya little black dress Givenchy-nya saja, Audrey tampil dengan cocoon coat bermaterial cashmere palet merah tanpa kerah yang kini menjadi tren. Tren cocoon semakin merebak saat presentasi musim gugur dan dingin 2012/2013 yang menawarkan banyak luaran over coat atau potongan pendek seperti pea coat dengan ragam material dan motif. Contohnya saja dengan Celine yang tampil minimalis dengan gaya Sci-fi melaui coat berpalet cerah atau Giambattista Valli dengan ramuan tekstil floral . Burberry Prorsum yang terdepan dengan produksi luaran trench coat juga tak mau kalah dengan pilihan palet terang, motif geometrikal dan aplikasi elemen aksesori seperti belt di bagian pinggang. Pilihan siluet ini tentunya bisa membantu untuk menutupi beragam kekurangan bentuk tubuh Anda. Potongan ini pun diyakini bisa memberikan kesan rileks namun structured dan ladylike.
So ladies, mana yang jadi pilihan Anda? Siluet hour glass atau cocoon? Cosmo yakin kedua potongan busana bergaya volume ini bisa sangat fleksibel Anda adaptasi. Penyesuaian bentuk tubuh dan jenis material juga wajib Anda perhatikan untuk kenyamanan saat pengapliannya. Don't worry honey, dua siluet elemen ini tak akan tergilas tren. Memiliki kedua siluet ini atau salah satunya, tetap menjadi investasi bagi koleksi wardrobe Anda, baik dikenakan untuk momen seremonial atau perjalanan wisata Anda musim ini. Enjoy!


No comments:

Post a Comment