PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Thursday, June 26, 2014

FASHION REPORT : TORY BURCH FALL WINTER 2014/2015


Saya suka corak dan detail saddle atau kuda, nuansa cokelat dan ivory, dan new castle yang saya dapatkan dari beberapa buku saya tentang abad 16. Saya mencoba dengan hasil yang beda misalnya dengan bordir untuk menghasilkan efek grafis yang menarik.

LASKAR AMERIKA
Kreasi busana bernuansa historis, mampu hadir relevan dengan signature style dan twist terkini, seperti yang Adi Surantha saksikan pada koleksi Tory Burch di New York.

Salju yang menyelimuti hari ketujuh fashion week di New York tak menyurutkan semangat para fashionista untuk menikmati kreasi terbaru perancang-perancang Amerika. Udara dingin yang menusuk pun tetap membuat antre panjang untuk masuk di setiap peragaan, salah satunya presentasi dari Tory Burch untuk koleksi Fall 2014/2015 di Lincoln Center pada Februari lalu. Bazaar secara eksklusif meliput presentasi koleksi ready-to-wear dan aksesori dari Tory Burch yang akhir Juli ini akan hadir di Indonesia.

ARMOR AMOUR
Beberapa elemen kini hadir dari banyak culture, pengerjaan yang unik, siluet dan ragam inspirasi yang luas, namun dalam napas klasik”. Ungkap Tory pada Bazaar tentang signature style dari label yang sudah berdiri satu dekade itu.

Pernyataan itu pun dibuktikannya dari rangkaian busana yang terinspirasi dari koleksi armor abad pertengahan yang merupakan koleksi ayahnya. Napas itu seketika hadir pada gaya busana berpotongan cocoon, struktur tegas dan diikuti sematan batuan kristal berbentuk salib yang dekoratif dan bold. Ragam material jacquard pada jaket, atasan atau rok boxy bercorak equestrian dan dragon membawa setiap undangan bernostalgia pada sebuah sejarah Eropa di masa jayanya. Pulasan corak barok pun ditakhtakan dengan nuansa metalik dan pola repetitif, pada dua elemen fashion berkemas modern. Tak hanya sampai di situ, beragam tapestry yang biasa Bazaar lihat di banyak permadani tembok kastil tua di Eropa dengan ukuran raksasa dan bergambar kisah kemenangan perang kerajaan, diadaptasi oleh Tory dengan apik. Luaran turtleneck atau skirt hadir dengan tapestry berdesain floral berskala mini dan maksimalis, dengan semburat warna merah bunga yang tetap bermekaran di musim dingin.

Kombinasi material yang jadi tren busana terkini juga banyak diaplikasikan. Beragam luaran khas musim gugur seperti wol hadir dengan kombinasi material shearling, kulit, flannel hingga damask. Perkawinan material tersebut tetap harmonis dengan komposisi warna, potongan struktural dan minimalis. Teknik detail yang disuguhkan label yang berdiri di Manhattan, New York ini pun semakin berkembang. Contohnya saja seperti woven, pleated, atasan wol yang disematkan metal ring pada bahan, atau terusan dengan bordiran yang dipayet, hingga rok quilted jacquard yang melayangkan tekstur yang kaya. Detail-detail yang dihadirkan itu membuat label ini matang, dengan selera dan cara yang khas Amerika, klasik dan subtle!

MEDIEVAL MAGIC
Koleksi aksesori yang juga turut andil membesarkan nama Tory Burch di banyak penjuru, juga menjadi senjata ampuh untuk memperkenalkan koleksi armor ini. Sepatu pump hadir dengan ikatan tali kulit, tassel dan padanan warm leg dari wol tebal. Tas-tasnya pun tak kalah memikat dengan siluet yang sharp dan material bold seperti bulu, tapestry, kulit embossed dan aplikasi rantai keemasan yang memikat.

Koleksi perhiasan juga outstanding dengan elemen batuan kristal dan rantai. Contohnya saja, belt kulit dengan buckle metal berdesain lambang atau perisai nuansa kerajaan era medieval. Anting salib emas dan bebatuan dilengkapi rantai yang menyatu di daun telinga mendukung mood koleksinya tetap terjaga.

Kreasi konseptual yang kadang sangat dirindukan pada pergerakan industri fashion dirasakan dengan merdu di panggung Tory Burch. Banyak nama besar di sejarah fashion yang menyajikan koleksi konseptual sesuai eranya, begitupun dengan Tory, yang mencoba tema yang dikenalnya cukup dekat berkat inspirasi keluarga dan gaya hidupnya. Kreasi konseptual versinya hadir dengan easy to wear, modern dan mencuri hati banyak orang. Pada akhirnya, menyelami pernyataan Tory Burch di atas, Bazaar yakin bahwa saat DNA yang mengalir kental dan menjadi “penjaga” setiap tema koleksi, perjalanan satu dekade akan berkembang hingga belasan generasi. 








Saya suka sekali aksesori, untuk koleksi show terbaru saya mencoba untuk memperkenalkan banyak kombinasi detail, banyak kompartemen, dan cara pengaplikasian yang beda. Misalnya pada tiga cincin, gelang, cuff, hand warmer, tas hingga sepatu.


Saya rasa classic, American, sportwear , tapi sekarang hal itu berkembang dan lahir dari setiap wanita di penjuru dunia. Beberapa elemen kini hadir dari banyak culture, pengerjaan yang unik, siluet dan ragam inspirasi yang luas, namun dalam napas klasik. Saya pun menyukai nuansa traveling, saya baru pulang dari turki.






 
WOMEN CAN!
Menjadi wanita sukses adalah dambaan setiap orang, namun butuh fondasi dan menjalankannya sepenuh hati, seperti desainer Tory Burch ungkapkan hanya pada Bazaar. Oleh, Adi Surantha

Di sela gelaran fashion week di New York Februari lalu, Bazaar bertandang ke Flagship store Tory Burch di Madison Avenue. Bazaar pun bertemu dan berkesempatan untuk mewawancarai sang desainer secara eksklusif!


inspirasi Anda untuk koleksi musim gugur dan dingin 2014 Apa ini?
Semua berawal dari armor (baju baja atau baju perang era medieval), barang yang dikoleksi kakek dan orang tua saya di rumah kami. Saya tertarik dengan detailnya, tentang medieval, namun saya mencoba untuk mengeksplorasinya lebih ringan, subtle dan beda. Misalnya dengan banyak proses pengerjaan pada elemen metal, tapestry brocades hingga elemen floral pada koleksi saya.

Apa kegiatan lain orang tua Anda saat Anda kecil, hingga membuat Anda banyak terinspirasi?
Mereka sering traveling, saya kadang melihat foto-foto mereka yang sangat bagus. Mereka mencoba destinasi yang berbeda seperti India hingga Arab. Dari rekaman foto tersebut saya melihat aktivitas dan cara mereka berbusana, mereka sangat bahagia dan menikmati momen tersebut. Hal itu selalu menginpirasi saya dalam berbusana hingga berkarya.

Favorit Anda sendiri untuk koleksi terbaru ini?
Saya suka corak dan detail saddle atau kuda, nuansa cokelat dan ivory, dan new castle yang saya dapatkan dari beberapa buku saya tentang abad 16. Saya mencoba dengan hasil yang beda misalnya dengan bordir untuk menghasilkan efek grafis yang menarik.

Koleksi aksesori Anda juga terlihat sangat bold dan outstanding, apa ide Anda?
Saya suka sekali aksesori, untuk koleksi show terbaru saya mencoba untuk memperkenalkan banyak kombinasi detail, banyak kompartemen, dan cara pengaplikasian yang beda. Misalnya pada tiga cincin, gelang, cuff, hand warmer, tas hingga sepatu.

Soal aksesori, sepatu Anda seperti flat shoes begitu banyak digemari di negara saya, apa taggapan Anda?
Saya berterima kasih, saya sering berpelesir ke Asia, dan melihat keindahannya hingga cuacanya yang berbeda dengan kami di sini. Saya merasa terinpirasi untuk membuat koleksi yang lebih pas untuk market dan cuaca di Asia ke depannya.

Apa yang selalu jadi ide utama Anda saat mendesain aksesori seperti sepatu dan tas?
Saya sangat suka pada tas dan sepatu, saya yakin beberapa wanita di dunia ini selalu ingin memiliki tas dan sepatu lebih dan lebih ha.ha..Tapi dalam merancangnya, saya selalu berpikir untuk membuat sesuatu yang benar-benar saya cintai, saya cari, pakai, dan gaya yang mencerminkan personaliti saya. Seperti koleksi loafers dan clutch yang sempurna misalnya.

Tahun ini, saya merasa Anda memasuki tahun kesepuluh Anda mendirikan label fashion Anda. Anda terbilang cukup cepat dan sukses dalam membangun dan mengembangkan bisnis ini, terutama koleksi aksesori Anda yang populer. Apa strategi yang Anda terapkan?
Kami memiliki kiat yang extraordinary untuk mengembangkan bisnis ini agar dia semakin kuat. Namun, setiap keputusan yang saya buat selalu dipikir dengan mendalam, efektif dan hasil yang bijaksana. Saya selalu berpikir dalam menjalankan bisnis ini agar berkekspansi dan berlangsung hingga tahun-tahun mendatang yang panjang.Namun sebagai perusahaan fashion saya selalu tidak ingin semua terburu-buru, tapi terpenting menjalani ini, dengan tim, toko dan waktu yang tepat.

Perusahaan Anda juga memiliki foundation khusus wanita, bisa ceritakan hal ini? Foundation memang jadi bussines plan perusahaan ini, saat pertama kali saya memulai bisnis ini saya selalu menempatkan hal ini dalam perjalan bisnis saya. Saya percaya bisnis kita akan sukses tak hanya pada DNA yang ada pada label ini, namun sejalan dengan memiliki foundation yang berperan dengan baik. Pada 2009 saya membangunnya untuk pemberdaayaan di bidang ekonomi bagi pengusaha kecil wanita dan keluarganya. Kami memberikan pinjaman, edukasi, mentorship, hingga mereka mandiri. Ini tentang wanita dan segala jenis bisnisnya yang bisa membuat diri dan usahanya berkembang.

Bicara soal wanita dan bisnis itu sendiri, Anda memiliki karier gemilang dan tentunya keluarga. Bagaimana Anda menjalaninya?
Oh, ini sangat sulit ha..ha..Tapi ini tantangan terbesar bagi saya. Saya memiliki tiga anak laki-laki dan tiga anak tiri perempuan. Saat pertama kali saya membangun bisnis ini saya selalu berpikir, jika saya tidak menjadi ibu yang baik, sebagai perempuan pasti saya tidak baik sebagai seorang desainer dan dalam menjalankan bisnisnya. Saya cinta menjadi seorang ibu lebih dari apapun. Jadi di sini adalah soal menata waktu yang baik serta merancang aturan bagi diri saya sendiri. Setiap pagi, saya selalu mengantar sekolah anak-anak saya sendiri dan akan selalu kembali ke rumah pada pukul tujuh malam, kecuali saat fashion week ha.ha. Dalam berkerja saya harus passionate dan fokus, saat makan siang, beristirahat dan memikirkan pekerjaan dengan masak. Saat kembali ke rumah saya akan melakukan peran saya sebaliknya. Saya harus menancapkan hal tersebut pada diri saya dan menikmatinya.

Apa signature style Anda?
Saya rasa classic, American, sportwear , tapi sekarang hal itu berkembang dan lahir dari setiap wanita di penjuru dunia. Beberapa elemen kini hadir dari banyak culture, pengerjaan yang unik, siluet dan ragam inspirasi yang luas, namun dalam napas klasik. Saya pun menyukai nuansa traveling, saya baru pulang dari turki.

Bagaimana tentang gambaran Anda soal wanita amerika itu sendiri?
Menurut saya dia wanita aktif, banyak ingin tahhu, menarik, percaya diri, suka fashion dan sangat sibuk. Untuk seksi, menurut saya hal itu hadir pada kepercayan diri dan inner beauty dirinya, bukan karena busana yang dikenakannya.

Terakhir, apa filosofi hidup Anda?
Hidup kita itu sangat pendek, dan saya harus memperlakukan orang dengan sangat baik. Rendah hati, bersyukur dan enjoy your life!

Saya sangat suka pada tas dan sepatu, saya yakin beberapa wanita di dunia ini selalu ingin memiliki tas dan sepatu lebih dan lebih ha.ha..Tapi dalam merancangnya, saya selalu berpikir untuk membuat sesuatu yang benar-benar saya cintai, saya cari, pakai, dan gaya yang mencerminkan personaliti saya. Seperti koleksi loafers dan clutch yang sempurna misalnya.

Hidup kita itu sangat pendek, dan saya harus memperlakukan orang dengan sangat baik. Rendah hati, bersyukur dan enjoy your life!


Semua berawal dari armor (baju baja atau baju perang era medieval), barang yang dikoleksi kakek dan orang tua saya di rumah kami. Saya tertarik dengan detailnya, tentang medieval, namun saya mencoba untuk mengeksplorasinya lebih ringan, subtle dan beda. Misalnya dengan banyak proses pengerjaan pada elemen metal, tapestry brocades hingga elemen floral pada koleksi saya.









No comments:

Post a Comment