PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Monday, January 6, 2014

FASHION REPORT : JAKARTA FASHION WEEK 2014


Fashion Gets Ready!
Gelaran fashion yang diramaikan dengan kreator dan koleksi siap pakai, demi mengakomodir fashion tanah air dan global.

Perhelatan akbar fashion tanah air, Jakarta Fashion Week (JFW) 2014 kembali digelar pada 19-25 Oktober 2013 lalu di Senayan City, Jakarta. Tajuk Bringing Indonesia To The World pun dipilih dan menjadi agenda prensentasi talenta fashion serta arena berkumpulnya pencinta fashion tanah air selama sepekan. Dengan menggelar presentasi koleksi desainer fashion dari beragam generasi dan kegiatan pameran fashion dan bisnis, ajang ini diharapkan ke depannya bisa membawa industri mode Indonesia ke tingkat global. Tahun ini kurang lebih 230 desainer dan label fashion menggelar fashion show, yang diikuti oleh dalam dan luar negeri. Beberapa negara lain seperti Belanda, Jepang, Thailand dan Korea turut meramaikan agenda panggung fashion yang pertama kali digelar sejak 2009 ini.

Tahun ini beberapa nama yang berpartisipasi di JFW, jadi sorotan dan ditunggu-tunggu oleh jurnalis dan penikmat fashion, salah satunya Tex Saverio. Desainer muda yang baru saja mempresentasikan koleksi siap pakainya di Paris Fashion Week September lalu ini memperkenalkan label ready-to-wear yang hadir dengan desain wearable dan dramatis. Ya, garis rancang wearable kini Cosmo tangkap sebagai benang merah dari kreasi para perancang. Baik yang datang dari kreator senior maupun pendatang baru beberapa potongan simple dieksplorasi dengan kemajuan teknik yang signifikan. Beberapa perancang mencoba desain elemen fashion berpotongan easy dan modern dengan mengkombinasikannya dengan beberapa pendekatan. Misalnya saja melalui detail dekoratif, permainan digital printing, teknik pola yang edgy namun understated. Hingga bereksperimen dengan kain tradisional Indonesia yang hadir dengan special treatment hingga terlihat lebih stylish dan fresh. Sebut saja beberapa nama perancang baru yang memikat banyak hati khalayak mode tahun ini, seperti Peggy Hartanto, Yogie Pratama, Patrick Owen dan Harry Halim. Masing-masing dari mereka menawarkan nuansa gaya fashion yang berbeda dan merealisasikannya dengan matang. Tak hanya itu, desainer muda dan senior lainnya pun tak kalah untuk mempresentasikan kreativitasnya dengan signature style dan koleksi yang unpredictable.

Sesuai dengan tema besar yang diangkat, membawa Indonesia ke mata dunia melalui jalur fashion, tentunya merupakan pilar yang kini bisa dijadikan andalan bagi industri kreatif tanah air. Apalagi dengan dukungan pemerintah, kreator yang bercita rasa global dan praktisi fashion-nya yang sinergis, wadah JFW bisa dijadikan pemeran penting dan terus dikembangkan ke depannya. 

Fashion for Love.
Adi Surantha. 














 

 



1 comment:

  1. There is certainly a great deal to find out about this topic. I love all of the points you made... :)

    ReplyDelete