PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Thursday, January 30, 2014

FASHION REPORT : HARPER'S BAZAAR INDONESIA. BAZAAR FASHION CONCERTO 2013. FANTASIRKUS.


ENTER THE FASHION CIRCUS
Pengalaman dengan fantasi sirkus hadir melalui presentasi fashion dan konser musik yang fun dan extravaganza.

Di era kini, dunia kreatif semakin menjadi perhatian bagi individu modern. Contohnya saja, fashion dan musik yang kerap menjadi wadah hiburan untuk mengisi pencinta gaya hidup. Beberapa kolaborasi pertunjukan fashion dan musik pun sudah tak perlu diragukan, selalu saja mampu memikat hati. Salah satu gelaran tersebut salah satunya adalah Bazaar Fashion Concerto (BFC) 2013 yang dihelat oleh majalah Harper’s Bazaar Indonesia pada bulan Desember 2013 lalu di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. Acara yang dipersembahkan oleh Bank BRI Prioritas dan BRI Platinum, bersama Sariayu dan didukung oleh Nippon Paint dan Hitachi ini mengambil judul Fantasirkus. Tajuk acara tersebut mengangkat tema sirkus sebagai konsep presentasi fashion dan konser musik sekaligus malam amal bagi yayasan sosial. Beberapa desainer fashion terdepan dan musisi tanah air didaulat untuk mengisi acara akbar ini. Dua desainer fashion seperti Sebastian Gunawan dan Ronald V Gaghana mempersembahkan koleksi busana bertema sirkus sesuai ciri khasnya. Tahun ini presentasi spesial juga tak datang dari desainer fashion saja, make up artist dan hair stylist ternama Qiqi Franky turut parade tatanan rambut yang imajinatif. Sedangkan untuk musik, pengarah musik Andi Rianto mengiringi penyanyi Titi DJ, Armand Maulana dan Be3 yang tampil memukau.

GLAMOUROUS PARADE
Setelah acara dibuka oleh Udjo sebagai MC, desainer Sebastian Gunawan pun mulai menampilkan kreasinya yang beda untuk BFC tahun ini. “Saya menampilkan beberapa inspirasi sirkus sesuai dengan karakter desain saya. Namun, kali ini permainan warna terang menjadi highlight untuk merefleksikan karakter sirkus yang fun.” Ungkap sang desainer. Tak heran, beberapa koleksi gaun-gaun berpotongan volume yang elegan khas desainer ini tampil lebih ekperimental. Beberapa permainan motif seperti polka dot dan detail volume seperti potongan balon, ballgown hingga tekuk menjadi highlight dari koleksinya. Warna kontras seperti hijau toska, oranye dan merah yang disandingkan dengan headpiece dari pinwhell kreasi desainer aksesori muda Jeffrey Jeff membuat para penonton menikmati acara. Penyanyi Titi DJ yang membuka acara ditemani dengan para anggota sirkus membuat presentasi Sebastian tampil dramatis. Sambil menyanyi, aksi yoga dan pilates pun dikerahkan oleh penyanyi senior ini yang mengundang tepuk tangan penonton. Beberapa lagunya yang ikonis seperti lagu berjudul Ekspresi membawa nostalgia musik pada setiap pengunjung.

HITS THE STAGE!
Penata rias ternama Qiqi Franky yang tak pernah absen berkontribusi bagi peragaan beberapa desainer yang berpartisipasi di BFC di tahun-tahun sebelumnya, kini mendapat kesempatan untuk mempresentasikan imajinasinya dalam dunia tata rias. Qiqi dan timnya menggelar presentasi spesial khusus tata rambut yang bertema binatang. Beberapa hair styling dieksplorasi dengan ekperimental menyerupai bentuk kepala hewan-hewan yang biasa tampil di sirkus. Parade Qiqi benar-benar memberikan kejutan para penonton di tengah acara. Penyanyi Armand Maulana yang enerjik pun muncul di pertunjukan Qiqi Franky yang diiringi oleh orkestra Magenta dari Andi Rianto.

Pada sekuen desainer kedua, kelompok sirkus lokal dan beberapa ballerina yang tergantung di langit-langit melayang dengan anggun. Kali ini salah stau desainer yang sempat mempresentasikan koleksinya di BFC 2004, Ronald V Gaghana kembali tampil lebih romantis melalui gaun-gaunnya. Konsep busana yang feminin dengan permainan nuansa pastel pada palet biru, lavender dan pink pada rangkaian gaun malamnya membawa suasana panggung semakin memikat. Beberapa detail yang dekoratif khas Ronald dihadirkan dengan apik seperti bordir, teknik tekuk, peplum di atas gaun malam yang simple. Grup penyanyi wanita legendaris tanah air, Be3 pun hadir meramaikan peragaan Ronald. Mereka tampil dengan maksimal melalui lagu-lagunya yang cantik dan performance yang atraktif. Anggotanya Nola, Widi dan Cynthia yang baru saja merayakan 20 tahun hari jadi grup musiknya ini, tampil outstanding dengan kualitas suara yang prima dan aksi properti panggung sirkus.

Penggabungan konser musik dan fashion yang dikemas dengan tema sirkus diyakini mampu membawa suasana kegembiraan dan imajinatif. Kemeriahan sirkus mampu membungkus suatu acara tampil lebih universal bagi setiap individu. Dengan semakin riuhnya gaya hidup terkini hingga persoalan kemacetan lalu lintas perkotaan yang tak ada habisnya, ragam jenis acara yang kaya akan kreativitas dan kegembiraan pun menjadi pelepas dahaga setiap masyarakat urban. Tak heran acara ini selalu dipadati fashionista dan terus menginspirasi setiap orang dalam berkarya. Bravo!




No comments:

Post a Comment