PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Saturday, March 2, 2013

DESIGNER OF THE MONTH: DEDEN SISWANTO


ECLECTIC FESTIVAL
Dunia fashion bisa dieksplorasi melalui kreasi dan aktivitas yang saling memperkaya dunia kreatif itu sendiri. Deden Siswanto berbagi hanya pada Cosmo!
Oleh, Adi Surantha

“Label fashion saya berdiri pada tahun 2000 di Bandung dan kini Saya juga berbasis di Jakarta atas permintaan klien. Tim produksi dan suasana kerja yang juga menjadi pertimbangan, sehingga Bandung tetap menjadi tempat produksi saya.”

“Selain menjadi desainer fashion saya juga aktif berorganisasi. Saya sebagai wakil ketua research and development di APPMI  (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia) dan pengurus acara dan kreatif di IFW (Indonesia Fashion Week). Dengan berorganisasi kita saling membantu dan berbagi untuk memperkenalkan fashion Indonesia setiap daerah secara global. Saya dan generasi perancang muda juga saling memberi masukan.”

“Saya dari masa sekolah senang menggambar, buat sketsa dan sempat berkerja di industri garmen. Dari situ belajar banyak hal mengenai industri fashion secara nyata dan saya pun mantap ingin menjadi desainer.”

“Saat seseorang diakui sebagai desainer fashion oleh penikmat dan media, dia harus membuktikan karyanya sebagai desainer fashion. Dalam membuat koleksi, desainer harus benar-benar mengerti dan totalitas dalam proses pembuatan kreasinya. Untuk desainer internasional,  Saya mengagumi spirit dari desainer Dries van Noten dan Stella McCartney.”

“Saat itu mode Indonesia cenderung menyukai pada hal-hal glamor. Saya menawarkan gaya eklektik dan padu-padan segar dalam koleksi label desainer. Saya mencoba gaya rancangan dengan ide multikultur, multiera dan not yet futuristic. Pengolahan material dan detail dan teknik yang unik menjadi ciri khas saya.”

“Karakter pengguna koleksi saya, berani mencoba tampil berbeda namun tetap tampil feminin dan kreatif dalam berbusana. Karena koleksi saya yang fleksibel untuk dikenakan dengan elemen lain.”

“Saya selektif terhadap setiap selebriti yang mengenakan busana saya untuk mendukung penampilan mereka. Diusahakan karakter selebriti yang karakternya sejalan dengan soul koleksi saya. Selebriti dan desainer harus saling menghargai karya dan profesi masing-masing.”

“Jatuh bangun setiap perjalanan karier desainer selalu ada. Namun, desainer harus konsisten dalam melansir visi dan koleksinya pada industri fashion.

“Koleksi saya yang paling memorable buat saya yaitu koleksi Cina peranakan. Saya meriset ide ini cukup mendalam dari soal filosofi hidup dan sisi yang indah dan dark side dari kebudayaan ini. Saya juga mencintai kreasi saya saat mengeksplor material dari Nusa Tenggara Barat.”

“Saya tidak malu untuk ke pelosok, ke pasar-pasar untuk mengeksplorasi dan menemukan material  bagi kreasi saya. Saya juga turut mendidik beberapa pengrajin daerah dalam berkreasi untuk membantu pendapatannya.“

“Saya mendirikan komunitas untuk generasi muda untuk berbagi pengalaman bagi kepada mereka soal fashion tanpa imbalan materi demi kemajuan generasi dan pengusaha muda baru. Saya puas dan bangga saat melihat mereka sudah bertumbuh dalam menjalankan label atau usaha fashion mereka.”


No comments:

Post a Comment