PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Sunday, July 15, 2012

THE FASHION WAVE


THE FASHION WAVE
Geliat fashion tanah air bertumbuh dari dukungan dan ajang pencarian talenta baru dari beberapa daerah, salah satunya Surabaya .
Perkembangan fashion tanah air tentu didukung oleh kreator-kreator yang lahir dari berbagai daerah di Indonesia. Banyak para desainer fashion yang dikenal sekarang dan memilih Jakarta sebagai basis untuk berkarya berasal dari beberapa daerah tanah air. Sebut saja Biyan, Sally Koeswanto, Denny Wirawan, Tri Handoko dan banyak lagi. Ajang lomba perancang busana yang digelar setiap daerah pun menjadi wadah untuk pencariaan talenta baru di dunia fashion dan salah satu gelaran tersebut adalah The 5th Surabaya Fashion Parade yang diadakan pada 2-6 Mei 2012 lalu di Surabaya, Jawa Timur. Cosmo sempat menjadi saksi untuk meliput dan menjadi juri untuk acara yang diprakarsai dan digelar oleh pusat perbelanjaan Surabaya yang sudah berdiri sejak 1986, Tunjungan Plaza Surabaya ini.
Acara yang diadakan selama enam hari di atrium Tunjungan Plaza ini memiliki program acara fashion lainnya yang cukup padat. Tajuk acara Indonesian Culturemix diusung sebagai tema acara secara umum dengan tujuan untuk eksplorasi kekayaan budaya Indonesia pada kreasi busana kontemporer. Acara utama seperti Surabaya Fashion Designer Awards 2012 untuk busana wanita kategori umum dan muda, Men’s Wear Design Competition, Surabaya Model Search dan Surabaya Fashion Illustration Award diikuti oleh banyak peserta yang antusias dan memiliki ide-ide yang segar serta inspiratif. Beberapa peserta lomba diikuti oleh siswa sekolah fashion maupun umum baik dari Surabaya bahkan daerah lain seperti Bandung misalnya. Ide lomba untuk menggali kekayaan budaya hadir pada beragam konsep eksplorasi beberapa daerah seperti Jawa, Sulawesi dan suku Dayak, Kalimantan.
Untuk kompetisi busana wanita kategori umum dan busana pria, Cosmo menemukan banyak bibit-bibit baru desainer fashion dengan karya busana yang bernuansa siap pakai dan memiliki unsur inovasi yang kental. Selain eksplorasi desain dalam mengintepretasikan tema etnik modern yang kaya, beberapa detail pengerjaan tangan, teknik desain, jahitan serta pemilihan motif dan material tekstil mode atau etnik hadir dengan kualitas yang baik. Beberapa peserta lomba yang meraih piala kemenangan seperti Fanny Christina, Sophie Po Dharmakusuma, Evie Juanita Irawan, Chitra Laksmiati dan Febryani Lyanto untuk kategori umum serta Feliciana Natalie, Natasha Soegito, Sofia Onesfiros Gozali, Defy Sanjaya dan Tri Prastyowaty untuk kategori peserta berusia muda mempresentasikan karya yang dinilai ketiga juri  Adi Surantha dari Cosmopolitan dan desainer fashion Indonesia Oka Diputra dan Ian Adrian memiliki hasil kreasi yang baik dan  memiliki potensi dan bakat di industri fashion.
Parade fashion Surabaya yang telah diadakan sejak 2008 ini juga didukung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Surabaya dan Badan Promosi Pariwisata Surabaya ini juga diisi oleh fashion show dari beberapa desainer mode yang tergabung di APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia) Jawa Timur, label fashion lokal serta beberapa label internasional dari PT Mitra Adiperkasa dan PT Gilang Agung Persada yang merupakan tenant di Tunjungan Plaza. Acara yang disambut baik oleh masyarakat Surabaya ini dibuktikan dengan ramai dan banyaknya peserta lomba pada setiap program acara yang digelar. Ajang pencarian taleta baru bagi dunia fashion yang digelar oleh Tunjungan Plaza ini merupakan wadah yang diperlukan bagi fashion tanah air. Ragam latar belakang pada desainer yang akan lahir nantinya tentunya memberi wacana dan ide baru yang segar bagi perkembangan dan regenerasi desainer fashion Indonesia. Selain desainer fashion, lomba fashion illustration atau model search yang digelar juga dibutuhkan bagi industri fashion tanah air yang khasanah profesi pada industrinya turut bertumbuh dan dibutuhkan di era kini. Acara Surabaya Fashion Parade ini pun mengakomodirnya dan bisa dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain demi kemajuan industri fashion Indonesia.



















No comments:

Post a Comment