PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Wednesday, October 5, 2011





KEMEJA BERCORAK

Kemeja adalah elemen klasik untuk fashion pria dan yang bercorak bisa menambah marak perjalanan kemeja dan gaya berbusana pria.

Satu elemen fashion yang selalu menjadi andalan dan paling dominan dikenakan setiap pria setiap harinya adalah kemeja. Atasan berpotongan sederhana yang memiliki satu bukaan kancing di depan dan detail kerah di bagian leher ini hadir untuk mengakomodir beragam aktivitas. Kemeja formal, kemeja semi formal atau kemeja “main-main” merupakan benda mode yang bisa memberikan pencitraan gaya busana rapi dan sopan.

Memasuki era fashion akhir 80-an kemeja hadir dengan potongan oversized hingga menjalar sampai era 90-an. Namun yang menjadi fokus gaya adalah kemeja derngan corak atau motif semarak. Kemeja bercorak yang paling fenomenal saat itu adalah kemeja lansiran label Versace dengan ciri bercorak barok, bergambar medusa, desain optikal, hingga permaian garis atau geometrikal. Beberapa desainer pun mulai keranjingan dengan “main-main” motif semarak seperti motif abstrak, tribal , eklektik hingga animal print sebut saja “pemain-pemain” fashion asal Milan seperti Roberto Cavalli, Etro hingga Dris Van Noten, warna-warnanya hadir dengan sapuan cerah dan semarak. Beberapa komposisi yang harmonis sengaja dikoordinasikan untuk beberapa kemeja-kemeja koktil khusus pria. Pencitraan kemeja bercorak pun hadir ke permukaan, beberapa karakter pria flamboyan, playboy dan aristokrat menempel sepanjang era 90-an. Selebriti ternama seperti Elton John sampai Ruhut Sitompul kerap dicap dengan gaya pria parlente dengan kemeja bercorak.

Memasuki era milenium , perkembangan desain kemeja bercorak pun mengalami perkembangan mengikuti kebutuhan pasar yang datang dari generasi modern pula. Beberapa corak hadir dengan desain beragam mulai dari nuansa minimalis, floral hingga retro dengan penempatan yang harmonis pada beberapa bagian saja atau keseluruhan. Kemeja bercorak pun memberikan peranan penting untuk khasanah berbusana kaum pria untuk semakin beragam. Walaupun hanya dikenakan untuk beberapa gelaran saja namun setidaknya kemeja bercorak menantang pria untuk berani berekspresi dan menikmati fashion. Apakah Anda gemar atau sempat mengenakannya?

MOTIF(ASI) GAYA PRIA

Esquire memebrikan panduan untuk beberapa corak pada kemeja dan cara padu-padannya agar tetap stylish namun tetap dalam kendali.

MOTIF CERAH

Pilihan motif dengan gambar berwarna cerah seperti kuning atau lain sebagainya, sebaiknya pilih warna dasar kemeja berpalet gelap seperti biru navy atau hitam. Untuk bawahannya pilih celana katun dengan warna natural seperti cokelat agar tampilan tetap understated. Nuansa kuning dan cokelat bisa tampil serasi.

Style advice: coba kenakan untuk acara koktil di bar atau ke club favorit.

MOTIF MAKSIMALIS

Untuk yang ingin mencoba motif berporsi besar coba jatuhkan pilihan pada gambar yang berpola repetisi atau sama, Sedangkan untuk pilihan warna coba paduan dua warna saja seperti hijua dan merah pada motifnya, degngan warna dasar kemeja yang lebih lembut. Sedangkan padu-padannya coba gunakan warna natural seperti celan cokelat tua dan luaran trench coat atau jaket berwarna cokelat yang lebih muda. Aplikasi luaran sebagai padanan cukup “meredupkan” motif berporsi maksimalis agar tampilan berbusana Anda tetap subtle.

Style advice: coba kenakan untuk momen liburan ke negeri bermusim dingin di akhir tahun

MOTIF PADAT

Sedangkan untuk motif lebih semarak dengan warna cerah dalam porsi penuh pada kemeja seperti motif abstrak pilih sapuan dua warna pada motif seperti putih dan biru. Padanankan dengan luaran jaket semiformal atau formal sekalipun seperti blazer double breasted namun warna senada dan ditata dengan menarik atau menggulung bagian lengan agar tampilan lebih relaks. Padanan beda warna seperti celana bisa diterapkan sepanjang komposisinya masih lebih lembut (contohnya celana dusty pink) dari warna utama (contohnya biru).

Style advice: kenakan untuk acara koktil di luar ruangan seperti acara pesiar atau piinggir pantai

PRIA BERCORAK

Beberapa pria berikut memiliki kelihaian dalam mencoba kemeja bercorak. Gaya padu-padan dan pilihan kemejanya bisa jadi inspirasi




1 comment:

  1. salam mas bro apabila jas kita padu padankan dg batik gmn ya....?

    ReplyDelete