PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Friday, December 1, 2017

Hian Tjen : Dewi Fashion Knight 2017

Hian Tjen
SYMMETROPHILIA
Dewi Fashion Knight 2017
By Adi Surantha


Fashion merupakan suatu bidang kreatif yang begitu luas dalam berimajinasi. Era mode 60an yang penuh imajinasi, kaya inovasi, dan membawa mode di puncak modernisasi, menjadi pijakan Hian Tjen dalam bereksplorasi pada koleksinya untuk Dewi Fashion Knight 2017 yang bertajuk: Symmetrophilia.

Nuansa futurist, structured, siluet H yang minimalis, aksen mengilap, detail metal, hingga perayaan psychedelic yang marak mendaulat banyak desainer mode era 60an menjadi ikon yang tak terlupakan dalam sejarah. Hian selalu menetapkan kepiawaian era itu dalam semangatnya saat berkarya. Kebebasan dalam kreativitas, berani mencoba hal baru, aksi avant-garde dalam detail busana, hingga meracik sepotong busana dalam praktik adibusana bersama tim artisannya selalu berjalan bersama mode 60an yang inspiratif.

Geliat pembaruan di era manusia pertama kali memijakan kakinya di Bulan itu dihadirkan oleh Hian dengan kekhasan desain Hian yang glamour dan delicate. Hian pun mencoba untuk mengangkat salah satu pengalaman yang ditemui pada lingkaran hidupnya, yaitu OCD (Obsessive Compulsive Disorder) kecederungan pada individu akan hal yang simetris. Salah satu hal yang terjadi pada temannya itu dicoba untuk dilebur menjadi inspirasi detail bersama mode 60an. Hal itu tercermin pada potongan busananya yang hadir pada elemen gaun, atasan, celana, coat, dan luaran yang individual. Atasan tampil dengan potongan neckline yang tegas dan material transparan dengan aksen kaku. Celana pendek atau panjang hadir dengan detail garis yang clean, potongan backless atau low-waist line hadir dalam jajaran tabur kristal yang simetris. Untuk luaran hadir dalam potongan lebar, dan permainan corak pada lining, juga siluet volume dan pundak nan tegas. Gaun malam pun tampil memikat dengan siluet H yang lurus, hingga shift dress mini semarak Mary Quant dan Twiggy yang kontroversial khas 60an yang tampil transparan dan ditata layaknya crochet khas swinging era denga kristal yang chic. Juga stockings atau tights di kaki Jane Birkin saat itu, oleh Hian bertabur kristal dan dipadankan elemen knee-high boots 60an, aksesori yang disinyalir jadi tren global tahun depan. Detail ornamen akrilik dan kristal berjatuhan pasa lengan atasan, coat dress atau rok pun mewakili semangat swinging khas 60an yang fun juga modern.

Kuasa simetris itu juga hadir dalam ragam detail yang hadir dalam seni budaya psychedelic yang mewarnai gaya hidup era 60an. Desainer lulusan ESMOD Jakarta ini menggarap lembar material dengan susunan detail psychedelic melalui tatanan akrilik, kristal, kaca, dan plastik transparan yang begitu kental di era 60an dengan hasil akhir signature Hian yang glamourous dan modern.

No comments:

Post a Comment