PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Friday, April 25, 2014

FASHION DIARY: PRINTS CHARMING. HEAD-TO-TOE PRINTS

 
PRINTS CHARMING!
Semakin memesona dengan gaya head-to-toe bercorak yang lebih fun juga chic.
Oleh Adi Surantha

Pada suatu acara after party dari konser fashion beberapa waktu lalu, Cosmo bertemu salah satu desainer yang mengenakan elemen fashion dari atas hingga bawah dengan corak yang sama. Dirinya tampil stunning dengan pilihan corak bunga berukuran maksimalis. “Loe pede banget say, salut gue!” Komen Cosmo. “Mumpung lagi tren dan bisa menarik perhatian juga!” Timpalnya. Saat itu pun Cosmo pun teringat oleh gaya berpakaian desainer Marc Jacobs, yang beberapa musim terakhir selalu menutup peragaannya dengan mengenakan satu set busana bercorak sama. Hasilnya? Mereka berdua memang jadi perbincangan seru.

RETRO-NISTA
Dari panggung runway, Miuccia Prada desainer dari label legendaris Prada itu lebih dulu menawarkan tampilan satu set dalam berbusana. Tepatnya untuk koleksi musim gugur dan dingin 2012 lalu, koleksinya begitu mencuri perhatian khalayak. Motif grafis bernuansa retro seperti wallpaper di rumah era 70-an dihadirkan repetitif dan berporsi besar pada elemen setelan jas dan rompi panjang. Namun, saat melihat itu, Cosmo sadar betul, butuh keberanian dan kemampuan padu-padan tingkat tinggi untuk mencoba tren ini. Lain halnya dengan Louis Vuitton, saat peragaan Fall/Witer 2013 ragam pakaian tidur jadi inspirasi koleksi terbarunya. Beberapa potongan piyama hadir melalui atasan dan bawahan bermaterial metalik yang mengilap dan mewah, setelah show itu dikabarkan sutradara ternama Sofia Coppola mengenakan koleksi tersebut.

Gaya flamboyan memang tercermin pada setiap individu yang mengenakan corak dalam padanan satu set ini. Label Prada, Miu Miu dan Etro banyak mengadaptasi gaya berbusana ini dengan potongan yang modern. Berjalannya waktu, kini tren fashion banyak menggelar gaya head-to-toe printed pada koleksi cruise atau resort-nya, contohnya saja seperti yang Kenzo, Gucci dan Jonathan Saunders. Ragam coraknya pun tak hanya floral saja tapi bernuansa tropis seperti cetakan daun palem, fauna, payung, buah, bola pantai, hati, hingga Matahari terbenam. Ragam cetakan digital yang unik pun semakin digandrungi berkat lansiran Mary Katrantzou dan Peter Pilotto dengan corak Asia yang kental.



FRESH PRINTS
Tidak usah takut untuk mencoba atau kuatir terlihat “tua” saat mengenakan busana satu set ini. Cosmo yakin, Anda tak ingin jadi korban mode saat mengenakan koleksi busana dengan corak sama dari kepala hingga kaki, berikut panduan Cosmo untuk Anda.
Do's
  • Coba pilih elemen fashion berpotongan tailored atau siluet minimalis.
  • Jika Anda belum atau jarang sekali mencoba corak pada gaya busana Anda, pilih corak dengan warna dasar gelap dan komposisi kecil. Motif grafis paling tepat dan aman bagi Anda untuk dipadankan.
  • Pilih elemen berdesain sporty untuk aksi lebih berani. Misalnya atasan jaket bisbol bercorak dipadu celana pendek bermuda atau rok pensil bermotif sama.
  • Jika mencoba padan 3 fashion items, pilih atasan sebagai dalaman luaran dengan corak netral atau senada dari corak pilihan.
  • Pilih warna cerah untuk Anda yang gemar dengan elemen bercorak seru untuk memberikan statement gaya. Pencinta gaya klasik atau androgyny, corak polka dot, seersucker, garis vertikal dan horizontal bisa jadi andalan.
  • Coba untuk aktivitas berlibur pantai untuk Anda yang baru ingin mencobanya pada elemen kasual, misalnya atasan tank top dan hot pants berorak floral yang semarak.
Dont's
  • Jangan pernah mencoba corak animal print untuk tampilan satu set atasan dan bawahan, misalnya corak leopard atau zebra.
  • Jangan padankan dengan material kulit yang tebal, sebaiknya gaya busana ini untuk material katun yang nyaman.
  • Jangan sematkan aksesori dengan gaya desain yang tidak serasi, misalnya busana bergaya bohemian dengan aksesori bergaya sporty.
  • Jangan pernah mencoba gaya ini saat meeting formal atau presentasi dengan atasan atau klien. Tampilan satu set ini merepresentasikan gaya yang kasual dan fun.
  • Jangan mengenakan perhiasan bernuansa mengilap atau bebatuan kristal, agar tampilan tak kelewat ramai.
  • Jangan padankan dengan sepatu dan tas berdesain extraordinary, hal ini akan membuat padanan gaya busana Anda gagal mencuri perhatian.



























No comments:

Post a Comment