PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Friday, November 1, 2013

FASHION DIARY : LIKE A BAD GIRL


 LIKE A BAD GIRL!
Dalam setiap diri wanita selalu ada sisi yang baik dan rebellious, begitupun dalam bergaya. Apa Anda berani untuk mengungkapkannya.
Oleh, Adi Surantha.

Suatu siang yang cerah, kantor Cosmo terlihat ramai dengan luapan tawa tim redaksi Cosmo. Pasalnya salah satu rekan Cosmo, jadi bahan guyonan hari itu. “Aduh, darl' gaya loe hari ini kayak di porn star Jepang deh!” Komen Cosmo pada gaya busananya hari itu. “Belum lagi dengan tatanan rambut acak ala bangun tidur loe, cool!” Tambah Cosmo. Lalu rekan Cosmo yang dikomentari tersebut menjawab dengan acuh tak acuh, “Opss, ini semua disengaja kok, semua di-set up, biar makin hot!” Spontan kantor Cosmo pun bertambah riuh. Seperti apa sih gayanya? Saat itu rekan Cosmo tersebut mengenakan sweater longgar yang sengaja memperlihatkan satu pundaknya, rok A-line super mini, sepatu pump bertumit tinggi dan stocking jaring dengan beberapa bagiannya yang sobek. Dia beraksi layaknya bad girl, dengan tampil innocent tapi juga sexy yang seduktif.

SAINTS & SINNERS
Cosmo pun berpikir ada juga perempuan yang ingin tampil layaknya bad girl tapi sebenarnya Cosmo pun belum yakin dengan kepribadiannya. Walau ada pepatah apa yang Anda kenakan mencerminkan jiwa Anda sebenarnya, tapi untuk “kasus” rekan Cosmo ini sepertinya beda. Ada beberapa styling gaya yang sengaja dipresentasikan untuk mencerminkan gaya bad girl namun cool. Menjadi tampil keren pun ada kodenya, tak lantas gaya dengan karakter bad girl Anda tampil layaknya perempuan “nakal” yang berkeliaran di red district. Kini, gaya itu naik tingkat, lebih fancy atau elit! Tampilannya lebih bersih, bukan celana berlubang dan kotor karena aktivitasnya, tapi memang karena kreasi dari label fashion yang dikenakannya itu sendiri. Sedangkan efek sensual pun, tanpa sengaja berbarengan melekat pada citra bad girl. Bukan perkara gaya sensual yang cenderung kurang sopan, tapi ternyata look yang beragam seperti nuansa innocent yang rekan Cosmo adaptasi tadi. Padahal ladies, jika mencari sumbernya, gaya bad girl sendiri banyak diakrabi oleh kalangan musisi atau punk. Gaya ini merebak di era 70-an baik di London atau New York, dan diklaim sebagai pemberontakan kalangan muda yang anti kemapanan dari dunia komersialisme saat itu. Di mode, desainer Vivienne Westwood memimpin dan memperjuangkan “kampanye” itu melalui karya fashion. Gaya rancangnya pun banyak diadaptasi setiap kaum muda saat itu, bahkan hingga saat ini desainer Inggris yang meraih penghargaan dari Ratu Elizabeth II tetap komitmen dengan DNA gaya tersebut.

THE REBEL!
Kini, saat Cosmo melihat koleksi musim ini dari beberapa butik ternama atau high-street label, beberapa perancang dunia menawarkan nuansa bad girl pada setiap rancangannya. Salah satu contoh seperti atasan kaos dan sweater sengaja potongannya dibuat lebih pendek agar tampil lebih sexy dengan memperlihatkan perut yang mengintip. Nuansa gaya punk dan grunge bersinggungan untuk cerminan bad girl melalui detail-detail nakal. Sekilas Cosmo pun berpikir, beranikah Anda mencobanya? Tapi begitulah fashion, kadang bukan desainer ternama di Paris atau kota kapital mode lain yang menentukan tren berbusana kita. Bisa jadi, Anda sendiri yang menginspirasi mereka untuk menelurkan gaya terbaru itu. Salah satunya desainer Hedi Slimane yang kini menjadi creative director Saint Laurent yang terinspirasi oleh keriaan gaya hidup sekeliling hidupnya. Awalnya lansiran koleksi terbarunya sangat kontroversial dengan gaya yang berkesan urakan, tapi nyatanya juga sangat mempengaruhi gaya fashionista muda terdepan. Tapi, persona tersebut pun mencuri perhatian karena kreativitas mengolah tampilan seperti bad girl sesuai karakter gayanya. Aksi bad girl bisa fleksibel dikreasikan sesuai kreativitas padupadan Anda. Ingin tampil pretty, innocent atau rebellious, sisi gaya itu bisa hadir di situ.

Esensi gaya bad girl yang terkesan berantakan atau acuh tak acuh pun bisa hadir dengan beragam pendekatan gaya lain. Beberapa rumah mode dunia mencoba mengajak Anda untuk mengenal gaya bad girl yang plural dan personal. Contohnya saja dengan Versace dan Chanel dengan sentuhan material kulit dan punk, atau Clements Ribeiro, Givenchy dan 3.1 Philip Lim yang tampil pretty dengan aksi renda dan lace. Terakhir, tentukan yang pas dengan selera dan karakter Anda!















No comments:

Post a Comment