PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Wednesday, August 29, 2012

DESIGNER OF THE MONTH: LENNY AGUSTIN

EVERYDAY INDONESIA
Ladies, kekayaan tekstil dan siluet tradisional bernapas Indonesia tak pernah habis untuk dieksplorasi, seperti Lenny Agustin ceritakan pada Cosmo!


“Awal mula saya melansir label fashion Lenny Agustin saat 2002 dan Lennor pada 2007. Saya memulai merancang kebaya dengan desain yang beda dengan kombinasi elemen  fashion yang bernuansa muda yang fun. Saya ingin melestarikan kebaya agar tetap dicintai setiap wanita dan terus dikenakan hingga kini. Kebaya bisa dipadankan dengan elemen lain yang dinamis seperti rok tutu, celana panjang dan lainnya ” 

“Saya memimpikan orang Indonesia sehari-harinya mengenakan elemen fashion dengan kain Indonesia, seperti yang menjadi spirit Lennor.”

“Berjalannya waktu kini saya melansir koleksi desain kebaya dipadankan dengan kamisol, material organdi dan tulle bermotif hingga eksplorasi siluet desain bernuansa daerah lain seperti baju bodo dan tenun ikat. Saya juga ingin melansir lini khusus baju pernikahan”

“Karakter wanita pengguna koleksi saya: cinta, bangga dengan Indonesia, berjiwa muda, Fearless!”

“Sejak kecil saya suka fashion, terutama saaat membuat baju untuk boneka atau penari karena dulu saya juga menari.”

“Sekarang saya baru melansir buku fashion yang berisi tentang di balik proses produksi desainer fashion dalam menciptakan busana, saya ingin berbagi pada setiap orang, mulai dari inspirasi sampai fashion show.”

“Gaya berbusana setiap desainer sebaiknya harus fashionable. Lebih baik jika bisa merepresentasikan gaya rancangan sendiri. Saya mencat rambut saya warna-warni agar tidak cepat bosan dalam berpenampilan”

“Almarhum penulis mode Muara Bagdja merupakan salah satu orang terdekat saya, dia mengerti tentang visi dan garis rancangan saya. Saya banyak belajar dengan dia”

“Kontribusi saya bagi Indonesia belum banyak, mimpi saya masih banyak untuk fashion Indonesia. Tapi dengan aktivitas saya seperti mengajar, talk show untuk  sharing tentang fashion ke kampus-kampus dan acara fashion , saya ingin banyak bibit-bibit baru lagi di dunia fashion untuk mengakomodir kebutuhan busana bagi segala lapisan kebutuhan masyarakat.”

“Tanggung jawab menjadi desainer harus menawarkan gaya busana baru , detail khas yang segar atau styling yang baru. Jadi trendsetter bukan follower!”

“Trik melansir busana siap pakai tapi agar tetap istimewa dan tidak pasaran yaitu coba dengan detail unik yang membutuhkan teknik atau craftsmanship yang menjadi ciri khas sendiri. Misalnya mengaplikasikan kerajinan tangan Indonesia yang begitu kaya, seperti kerajinan sulam usus Lampung dan lainnya.”

“Desainer fashion dunia, Vivienne Westwood adalah idola saya.”

“Dari Surabaya saya hijrah ke Jakarta untuk  mendalami ilmu fashion di sekolah mode seperti ISWI (Akademi Seni Rupa dan Desain),  Bunka dan Lasalle Jakarta.”

“Tahun 2006 saya bergabung  dengan APPMI (Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia) merupakan fashion show pertama saya dan terlupakan karena mendapat sambutan yang baik dari media dan penikmat fashion.”

“Saya melansir lini kedua Lennor untuk koleksi siap pakai bagi kalangan muda dengan pilihan material kain tradisional seperti sarung, batik dan lurik dari beragam daerah di Indonesia yang dikombinasikan dengan kain bercorak semarak.”

“Saya selalu open minded, senang bergaul dengan siapa saja karena menambah wawasan dan pengalaman. Sebagai wanita ada keterbatasan saat berkeluarga harus membagi  dan menyisihkan waktu yang seimbang bagi keluarga dan profesi saya sebagai desainer, walau kadang  harus berkorban sejenak untuk berdedikasi untuk keluarga”

“Di dunia kreatif, berkerja harus dengan hati. Saat berkerja dengan tim, kepercayaan sangat penting untuk kelancaran dalam berkreasi.”

“Saya sudah mengeksplorasi kekayan kain, tenun dan siluet tradisional Sumatera, Jawa , Bali, Makasar, Sulawesi, Madura, Papua.”

1 comment:

  1. Saya selalu suka desainer dg passion melestarikan budaya lokal Indonesia seperti Lenny Agustin. Thank you for sharing mas Adi :)

    ReplyDelete