PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Monday, May 23, 2011

ART SCIENCE MUSEUM MARINA BAY SANDS SINGAPORE

SENI DAN GAYA HIDUP

Semenjak tahun lalu negeri tetangga kita Singapura memiliki ikon baru bagi kotanya yaitu Marina Bays Sands. Jika sudah bertahun lamanya negeri multikultur ini memiliki pencitraan sebagai negeri untuk belanja, tentu tawaran gaya hidup lainnya terus dikembangkan mengikuti permintaan dan selera publik yang turut bertumbuh pula. Salah satunya adalah pembukaan museum di komplek Marina Bay Sands yang bertajuk Museum ArtScience. Esquire berkesempatan hadir pada pembukaannya di Singapura pada 17 Februari lalu yang diresmikan oleh CEO Sheldon Adelson, Miriam Adelson dan pejabat pemerintah Singapura. Museum ini berada di bangunan bernapas artistik dengan bentuknya yang ikonik seperti bunga teratai dengan semangat kontemporer. Museum ini diproklamirkan sebagai museum seni, ilmu sains, media, teknologi, desain dan arsitektur pertama di dunia dengan pembagian menjadi 3 galeri seperti Curiosity untuk presentasi seni unik dengan bidang melayang di langit-langit museum, Inspiration untuk 6 artefak besar dari ilmu pengetahuan dan penemuan terkenal sepanjang masa dengan fasilitas layar sentuh dan Expression berupa galeri dengan prsentasi multimedia dengan permainan efek pencahayaan . 21 galeri hadir dengan koleksi beragam dan terkenal dari seluruh dunia contohnya saja flying machine kreasi Leonardo da Vinci. Bangunan berbentuk teratai yang spektakular ini melambangkan 10 jari tangan yang terikat dengan bulatan. Pada bidang bulat tersebut didesain berbentuk piring yang menyalurkan air hujan untuk keperluan gedung dan estetika berupa air terjun pintu masuk gedung. Beragam inovasi di Marina Bay Sands ini tak hanya menawarkan gaya hidup kebanyakan namun gaya hidup yang berseni dan sebaliknya.

Pada acara pembukaan museum, pameran artefak dari Genghis Khan hadir dengan tajuk Genghis Khan: The Exhibition. Beragam busana, alat perang dan kehidupan hingga mummy bangsawan mongol dari generasi legendaris kekaisaran Mongolia ini hadir dengan konsep modern.

Pameran budaya legendaris bernama Traveling the Silk Road: Ancient to the Modern World hadir dengan menggelar perjalanan sebuah budaya perdagangan kain sutera di Asia seperti Dinasti Tang di abad ke-6 dan Timur Tengah yang terkenal dengan sebutan jalur sutera. Pameran lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah Shipwrecked dengan koleksi piranti bermaterial emas hingga keramik-keramik dari kapal-kapal Cina dari dinasti Tang yang karam di samudera Asia tenggara.

Pada pembukaan Museum ArtScience ini juga diadakan presentasi kepada media “seni gaya hidup” lainnya seperti perkenalan 6 celebrity chef ternama yang memiliki restauran eksklusif di Marina Bay Sands dengan menu berciri haute cuisine dengan gaya dan philospohy sang “master dapur” ini. Presentasi media mengenai pertunjukan musikal The Lion King yang akan dilansir bulan ini hingga pertunjukan Wonder Full light and water spectacular


No comments:

Post a Comment