PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

PARIS FASHION WEEK AW 2017/2018

Tuesday, January 8, 2013

DESIGNER OF THE MONTH : TEX SAVERIO


DRAMA QUEEN
Ladies, setiap karya seseorang pasti bisa dikenal luas jika dilakukan dengan totalitas dan kreasi yang dramatis seperti yang Tex Saverio buktikan !
Oleh, Adi Surantha.

Sekarang saya sedang mempersiapkan lansiran label ready-to-wear dan bekerja sama dengan investor dari luar negeri. Koleksi siap pakai sudah pasti membutuhkan banyak perhatian dari saya, karena mengikuti standar ready-to-wear secara internasional. Akan ada managemen dan strategi bisnis yang nanti akan lebih terkoordinir lagi. Saya ingin melangkah satu langkah lagi dalam karier fashion saya!”

Saya sempat belajar fashion di Bunka, namun saya tak menyelesaikannya. Saya sibuk mengikuti lomba perancang mode dan terlanjur kecemplung untuk membuat baju pada setiap klien yang berdatangan.”

Tahun 2005 hingga 2010 saya masih mencari jati diri untuk menemukan garis rancangan khas saya. Dalam lima tahun saya hanya memproduksi jahitan pelanggan saja, saya belum muncul di percaturan fashion Indonesia. Namun, 2010 saya memutuskan kembali untuk eksis di fashion Indonesia dengan mengadakan presentasi kolektif.”

Saya mencintai sesuatu yang dramatis. Namun sesuatu karakter desain yang dramatis tak hanya koleksi yang maksimalis dan penuh embellishment saja, koleksi yang simple juga bisa tampil berkesan misalnya dari craftmanship yang ada pada busana yang simple dan easy. Itu yang akan saya jadikan tantangan dalam merancang koleksi ready-to-wear saya.”

Hampir tiga tahun belakangan ini saya tidak pernah liburan, saya totalitas dalam berkarya fashion. Fashion juga hobi saya, jadi saya menikmatinya”

Saya mengaggumi Valentino Garavani, dia bisa membuat karya yang wearable yang dramatis. Kreasi dia juga setiap musim kadang cukup berbeda tapi DNA rancangannya selalu ada. Itu yang saya kagumi dan menjadi tantangan bagi saya.”

Saat baju saya dikenakan oleh Lady Gaga saya sungguh kaget. Lady Gaga menurut saya seorang selebriti yang sangat menghargai setiap tim yang terlibat dalam karyanya. Dia memperhatikan hasil rancangan saya dan itu buat saya merupakan apresiasi dan bonus yang berharga bagi kerja keras saya.”

Buat saya saat koleksi saya dikenakan Lady Gaga, ini merupakan sebuah pintu untuk saya untuk berkarya lebih baik lagi, dan tentunya juga kesempatan untuk setiap desainer Indonesia lainnya. Kalau saya bisa, pasti yang lain juga bisa.”

Yang sama antara saya dan Lady Gaga, kami mencitai sesuatu yang dramatis. Tapi sekali lagi, sesuatu yang dramatis tak lantas tampil aneh atau berlebihan, saat tampil simple atau lady like, dia juga bisa terlihat drmatis.”

Saya sempat membuat gaun pesanan Lady Gaga dengan deadline selama tiga hari. Alhasil saya dan tim tidak tidur untuk membuat gaun tersebut. Karena saya berpikir kesempatan itu tak akan terulang lagi dan saya mau untuk mengambil kesempatan itu dengan kerja ekstra keras lagi.”

Wanita adalah inspirasi utama saya dalam berkarya. Setiap wanita yang mengenakan kreasi saya bisa tampil cantik dengan ragam karakter yang berbeda-beda. Tampil independent atau fragile sekalipun.”

Perperangan di surga bacaan di salah satu ayat di Kitab Suci Kristiani pernah menjadi inspirasi dalam koleksi busana saya.

Kebudayaan China sangat dekat dengan hidup dan keluarga saya. Walaupun saya seorang kristiani, beberapa filosofi atau patung-patung mitologi China saya sukai seperti tikus yang merupakan shio tahun kelahiran saya. Beberapa pernah menjadi inspirasi dalam berkarya. Saya juga memiliki tato burung di lengan saya.”

Keluarga sangat mendukung saya saat terjun di dunia fashion. Terpenting saya harus menjalaninya dengang fokus dan totalitas. Saya selalu ingin mempersembahkan karya terbaik dan kerja dengan keras.”

Klien utama saya adalah klien yang membuat gaun pernikahan. Dalam mendesain busana pengantin saya selalu mencoba menyatukan karakter saya dan permintaan klien saya.”

Saat berkarya di dunia fashion, selain karya fashion sang desainer yang dinilai, gaya personal seorang desainer juga penting. Hal tersebut merupakan image dan selling point dari label kamu.”

Saya hanya memiliki 30an karyawan untuk memproduksi koleksi saya. Tidak perlu banyak, yang penting sangat kompeten di bidangnya masing-masing.”

Menjadi wanita Fun Fearless Female sejati menurut saya harus tampil percaya diri, individual dan tahu yang terbaik bagi dirinya sendiri.'



No comments:

Post a Comment